Tips Mendaki Gunung atau Kemping yang Aman, Perlengkapan Muncak Ini Harus Disiapkan!

Tips, Cirebon, Fokuscirebon.com - Halo sobat, tidak terasa sekarang sudah masuk bulan Agustus di tahun 2016. Bagi kalian, warga Cirebon, Indramayu, Kuningan dan Majalengka (Ciayumajakuning), yang hobi ke tempat wisata, hunting, adventure, , tentunya momentum 17 Agustus biasanya dimanfaatkan untuk pergi kemping, muncak atau mendaki gunung. Nah agar perjalanan kalian aman (safety), harus memperhatikan beberap hal. Berikut kami akan berikan trik, kiat-kiat atau tips aman mendaki gunung.

Warga di sewilayah tiga Cirebon memiliki gunung favorit yang selalu dimanfaatkan untuk momentum Agustusan. Bahkan gunung favorit tersebut menjadi Idola baik di wilayah Cirebon, dan Indonesia sampai mancanegara. Ya, tidak salah gunung yang menjadi Icon di Jawa Barat yaitu Gunung Ciremai. 

Memasuki bulan Agustus, yang notabene pergantian musim dari hujan menjadi kemarau, biasanya Angin kencang akan menambah suasana yang semakin dingin ketika kalian ingin muncak. Tidak menutup kemungkinan, karena dialam bebas cuaca susah untuk ditebak, perlengkapan untuk hujan juga harus disiapkan. Berikut Tips yang harus diperhatikan ketika ingin muncak, agar tetap safety dan bisa menikmati suasana pegunungan dengan maksimal.

1. NAVIGATION (map and compass) SAAT MENDAKI GUNUNG

Walaupun sobat sekalian sudah berung kali mendaki gunung yang sama, jangan dianggap remeh. Gunung adalah misteri, tidak sedikit yang kesasar walaupun sering bolak balik mendaki gunung yang sama. Nah, navigasi seperti peta dan kompas harus tetap sobat persiapkan terlebih dahulu.

Peta atau kompas sangat berguna, untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak inginkan, misalnya Anda kesasar di gunung. Disitulah fungsi peta dan kompas, agar kalian bisa kembali ke jalur yang benar. Setidaknya dengan membawanya sobat sekalian bisa lebih percaya diri pada saat mendaki.
2. PELINDUNG MATAHARI SAAT MENDAKI GUNUNG

Nah alat yang satu ini tidak jarang yang memandangnya sebelah mata pada saat ingin mendaki. Para pecinta alam, atau para petualang sekalipun sama. Hanya menggunakan pelindung matahari pada saat pergi ke lau atau pantai.

Pada saat anda mendaki gunung pun sama, apalagi saat musim kemarau yang debu dan sinar matahrinya begitu terik. Pelindung kulit tersebut bermanfaat untuk melindung kulit sobat agar tidak terbakar, dan menjada kulit tetap terawat. Tidak hanya berupa salep, atau krim. Kaca mata hitam pun salah satu fungsinya yaitu melindungi mata Anda dari sinar matahari, yang bisa menyebabkan katarak. Jadi krim dan kaca mata warna hitam wajib Anda bwa guys.

3. PAKAIAN PELINDUNG SAAT MENDAKI GUNUNG

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa cuaca saat berada di gunung sulit untuk ditebak. Bisa panas, mendung, kering sampai hujan. Perlengkapan pakaian minimal Anda harus punya satu stel untuk setiap keadaan. Seperti jas hujan kalong, jaket khusus mendaki, celana traning (bukan levis), sepatu atau sandal gunung. Sarung tangan, kaos kaki, sal, dan kupluk serta Sleping Bag (SB), Matras (alas untuk tidur)Tenda, Keril pun harus disiapkan.

Tidak sedikit orang yang meremehkan pakaian saat mendaki. Bagi yang awam, biasanya menggunakan pakaian sehari-hari, tidak sedikit pula yang berpenampilan seperti ingin jalan-jalan, shoping, atau pergi kongkow. Mendaki gunung itu beda guys. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit, pakaian pun harus diutamakan. Agar tetap savety dan tidak terkena Hipotermia (penyakit yang disebabkan karena kedinginan)




4. PENERANGAN SAAT MENDAKI GUNUNG
Digunung sangat berbeda dengan di dataran rendah yang banyak sekali cahaya untuk penerangan. Ketika digunung walaupun ada cahaya bulan tetap saja kondisi disekitar gelap gulita. Apalagi pada saat perjalanan dimalam hari, penerangan begitu penting. Alat-alat penerangan seperti lampu senter, Headlamps (lampu senter yang dikenakan dikepala), lilin dan korek Api.

Jangan sampai dilewatkan untuk alat-alat penerangan, itu sangat penting. Karena akan membantu Anda pada saat berjalan dimalam hari. Tidak hanya itu, lampu bisa digunakan untuk memasak, salit dan peneangan di dalam tenda.

Baca Juga: Mencari Info Beasiswa? Ini Dia Beasiswa S2 Full Gratis di Autralia!

5. PERTOLONGAN PERTAMA (P3K) SAAT MENDAKI GUNUNG

Bagi sobat sekalian yang mempunyai penyakit tertentu, jika ingin mendaki gunung jangan lupa obat harus dibawa. Obat-obatan lain pun perlu dibawa, untuk menghindari kejadian-kejadian buruk. Seperti misalnya Anda keseleo, masuk angin, pusing, pilek, sampai obat hipotermia.

Obatan-obatan tersebut biasanya seperti tolak angin, bodrek, ultraflu, betadine, perban, suplement. Obat-obatan tersebut bisa membantu Anda sekalian tetap fit pada saat mendaki gunung. Kondisi tubuh begitu penting. Jika Anda tidak sanggup, dan obat-obatan tidak dibawa jangan dipaksakan lebih baik turun dan memanggil Rangger untuk pertolongan. 

6. PERALATAN LAINNYA

Peralatan lainnya juga sangat penting, tergantung kebutuhan Anda. Seperti pisau, belati, golok penting untuk memasak atau mencari kayu bakar untuk penghangat. Tali-temali seperti webing juga penting. Peralatan masak pun jangan lupa, seperti nesting, kompor dan gasnya, sendok, gelas dll. Dan jangan lupa pula membawa kantong pastik besar (Tras Bag), gunanya untuk tempat sampah. Menjaga kelestarian alam merupakan tanggung jawab kita semua. Jangan nyampah digunung Guys, bawa turun bekas sampah Anda.

7. MAKANAN dan NUTRISI. SAAT MENDAKI GUNUNG

Nah ini juga jangan lupa guys, makanan untuk nutrisi tubuh harus dibawa. Jangan sampai Anda kelaparan saat digunung, berbahaya. Agar tidak terlalu repot, usahakan membawa makanan cepat saji. Tapi untuk makanan terserah selera kalain Guys.

Yang jelas bawa logistik untuk memnuhi kebutuan Anda di gunung. Jangan disamakan ketika Anda berada dirumah. Logistik harus lebih banyak. Karena pada saat digunung dengan cuaca dingin sangat cepat untuk membuat Anda menjadi lapar. Perut yang selalu terisi akan membuat kondisi tubuh anda tetap terjaga. Ada pembakaran dalam tubuh yang akan membawa Anda terhindar dari Hipotermia.

8. PERSEDIAAN AIR SAAT MENDAKI GUNUNG

Yang satu ini begitu penting guys. Jangan sampai ketika Anda mendaki gunung kemudian Anda kehabisan Air. Lebih baik turun lagi ketika Anda kehabisan pasokan Air. Karena ketika digunung mata Air sulit untuk ditemukan guys. Kekurangan Air bisa membuat dehidrasi.

Saat mendaki gunung minimal dalam satu keril membawa 5 liter air dalam kompan dan dua botol air mineral ukuran sedang. Gunakan manajemen persediaan Air dengan maksimal. Jangan sampai boros terhadap pemakian air. Perkiraan Air jangan sampai meleset. Lebih baik kebanyakan dari pada kekurangan Air. 

Nah itu dia tips yang bisa disharkan kepada sobat sekalian pembaca setia Fokus Cirebon. Semoga dengan memperhatikan hal-hal seperti diatas bisa membantu perjalanan kemping atau muncak gunung Anda menjadi aman, bisa pulang kembali kerumah  masing-masing dengan selamat. 

Jangan lupa dishare atau disebarkan artikel tentang tips mendaki gunung yang aman ini guys. Infomrasi lebih lengkap mengenai tips diatas, sobat sekalian bisa kunjungi REI. Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan mendaki gunung guys!






No comments:
Write komentar

Terima kasih sudah bertanya dan memberi komentar. Mohon maaf apabila ada pertanyaan yang tidak bisa kami jawab atau kurang memuaskan!

Featured

Recent Posts Widget