Bermodalkan Kulit Singkong, Orang Cirebon Ini Menemukan Formula Antiapi!



Cirebon, Fokuscirebon.com - Saat musim kemarau tiba, tidak jarang terjadi kebakaran. Bahkan tidak hanya saat musim-musim tertentu kebakaran sering terjadi, setahun terahir telah terjadi kebakaran hebat yang melanda pasar-pasar tradisional. Melihat kondisi tersebut, warga asli Cirebon berhasil membuat alat antiapi menggunakan bahan sederhana yaitu dari kulit singkong.

Siapa sangka, hanya dengan bermodalkan kulit singkong, yang orang lain pada umumnya menganggap sebagai limbah, Aryanto, justru memanfaatkannya sebagai bahan dasar membuat alat untuk mengatasi kebakaran.

Dari kulit singkon tersebutlah dengan olahan dan sentuhan inovasi, kemudian Ia sulap menjadi sebuah minyak antiapi. Yang dengan minyak tersebut apabila diolehkan terhadap objek tertentu, maka yang terkena olesan tersebut tidak akan terbakar.

“Ini Ko Hi HPA, minyak antiapi,” ucap Aryanto.

Aryanto kemudian memperagakan kecanggihan minyak antiapi buatannya tersebut dengan menggunakan gas portabel yang kemudian ia semprotkan gas yang mengeluarkan api tersebut ke arah kayu yang telah di olesi oleh minyak.

"Kayu ini jadi tidak terbakar, bisa dilihan sendirikan," ujarnya sambil tersenyum.

Dalam bahasa Jepang, lanjutnya, Ko Hi dapat diartikan antirambat api. Adapun HPA akronim dari hasil penamaan yang diberikan Aryanto sendiri. Ketika itu, api setinggi dua meter berada sekitar 300 meter di hadapannya. “Ini saatnya membuktikan ramuan kulit singkong,” bisik Aryanto dalam hati.

Sekat bakar lalu dibuat. Ilalang, ranting pohon, dan rerumputan ditumpuk memanjang membentuk garis batas mengelilingi areal kebakaran. Namun, sekat bakar belum mampu menghalau si jago merah kala angin kencang.Aryanto lalu menyemburkan cairan anti api yang ia buat sendiri di sekat bakar. Alhasil, hanya sedikit sekat bakar yang dilahap api. Kebakaran pun tak menjalar lebih luas.

Sat ini, alat yang diciptakannya tersebut sudah dilirik oleh perusahaan-perusahan besar. Namun sangat disayangkan, pemerintah setempat belum melihat potensi alat yang diciptakan oleh warganya sendiri.

Melihat lebih lanjut mengenai kecanggihat minyak tersebut klik TOMBOL AJAIB atau lihat video dibawah ini.

No comments:
Write komentar

Terima kasih sudah bertanya dan memberi komentar. Mohon maaf apabila ada pertanyaan yang tidak bisa kami jawab atau kurang memuaskan!

Featured

Recent Posts Widget