Cuaca Ekstrim, Puluhan Ekor Paus Kembali Terdampar Di Indonesia

Beritana Nasional, Paus Terdampar di Perairan Indonesia
Cirebon, Fokuscirebon.com -  Entah faktor cuaca atau iklim, Cirebon pernah sempat dihebohkan dengan penemuan paus yang terdampar beberapa tahun silam. Kali ini puluhan ekor Paus kembali terdampar di perairan Indonesia, tepat yaitu di pesisir pantai Porbolinggo, Desa Pesisir, Kecamatan Gending, Rabu sore, 15 Juni 2016, Jawa Tengah. Pertanda apakah ini semua ?

Hewan mamalia yang dikenal juga sebagai hewan purba ini, karena hidupnya sudah lebih dari 50 juta tahun, seiring perputaran waktu semakin berkurang jumlahnya di belahan perairan dunia. Menjelang musim dingin, paus butuh kehangatan untuk bertahan hidup. Mereka menuju ke utara untuk mencari kawasan perairan di satu negara yang memiliki iklim tropis. Dengan begitu mereka bisa melanjutkan kehidupannya, bereproduksi dan cari makan.

Dalam perjalanan migrasi akibat faktor cuaca inilah, biasanya paus-paus banyak yang terdampar di pelosok bumi. Dikatakan Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Suko Wardono mengatakan penanganan terhadap paus pilot yang terdampar di pesisir Probolinggo ini masih terus dilakukan dengan melibatkan sejumlah pihak.

 "Kami masih terus melakukan upaya penghalauan dan penyisiran terhadap paus di pesisir Probolinggo," kata Suko dihubungi awak media, Kamis siang, 16 Juni 2016. Suko langsung memimpin upaya penanganan paus yang terdampar ini

Sementara itu, dilaih pihak, Komandan SAR Pantai Parangtritis Ali Joko Sutanto mengatakan hiu paus tersebut ditemukan Jumat (03/08) sore di Pantai Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta.

Beritana Nasional, Paus Terdampar di Perairan Indonesia''Tim sar melihat pertama kali di bibir pantai saat sore. Tetapi saat menepi di bibir pantai sekitar pukul 19.30 sudah dalam kondisi mati," ucapnya.

Sampai sat ini pihak yang berwenang terus melakukan evakuasi terhadap paus-paus tersebut. Dengan harapan tidak menambah jumlah paus yang meninggal. Kepunahan paus, bisa mengakibatkan tidak seimbangnya ekosistem yang ada di Laut.

Sejauh ini, faktor-faktor penyebab lain selain faktor atau kondisi cuaca ekstrim yang melanda beberapa belahan di Dunia, termasuk Indonesia masih sedang diselidiki. Lebih jauh untuk informasi seputar paus yang terdampar klim TOMBOL AJAIB ini.
Beritana Nasional, Paus Terdampar di Perairan Indonesia

No comments:
Write komentar

Terima kasih sudah bertanya dan memberi komentar. Mohon maaf apabila ada pertanyaan yang tidak bisa kami jawab atau kurang memuaskan!

Featured

Recent Posts Widget