Desa Wisata Cibuntu, Destinasi Wisata Kuningan yang Ada Kampung Kambing, Situs dan Air Terjun Purbakalanya!

Desa Wisata Cibuntu, Destinasi Wisata Unik di Kuningan
Wisata Kuningan, Fokuscirebon.com - Kuningan, Jawa Barat (Jabar) memang merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak potensi wisatanya, terutama wisata alamnya. Melihat potensinya tersebut, warga ini kompak merancak sebuah konsep Desa Wisata yang terletak di Kaki Gunung Ciremai. Dimana tempatnya? Desa Wisata tersebut yaitu berada di Desa Cibuntu, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan. Mulai dari area zaman batu, curug air terjun, sampai perkampungan kambing pun ada, penasaran? Simak ulasannya guys!

Desa Cibuntu yang tengah dijadikan sebagai desa wisata di kabupaten Kuningan ini selalu berusaha berbenah dan mencoba memberikan pelayanan terbaik kepada setiap wisatawan yang datang. Pengarahan dan panduan terbaik dari Kepala Desa. Mempersiapkan sumber daya, memberdayakan dan merubah pola pikir mereka agar menjadi lebih baik lagi menerima wisatawan yang datang ke desa tersebut.

Tidak lengkap rasanya, bagi Anda semua yang berkunjung ke Kuningan untuk berwisata apabila belum mampir ke Desa Cibuntu. Semua pelayanan terbaik selama berada di Desa Wisata Cibuntu akan dirasakan oleh wisatawan mulai dari penjamuan saat datang, mengenal kegiatan masyarakat lokal, berkeliling menikmati keindahan alam hingga tarian-tarian daerah yang dapat anda nikmati disini. Berikut destinasi wisata yanga da di Desa Cibuntu:

1. Kampung Kambing
Desa Wisata Cibuntu, Destinasi Wisata Unik yang ada kampung kambingnya

Kampung Cibuntu, lokasinya yang memang dikelilingi ratusan hektar pematang sawah menjadi surga bagi kalian yang ingin merileksasikan diri. Selain itu, pemandangan unik bisa kalian kunjungi. Pada saat masuk ke wilayah Desa Wisata tersebut, aroma tak sedap dari kotoran sambing pasti akan langsung tercium oleh Anda. Disekeling sawah yang ada terdapat puluhan kandang Kambing yang berjumlah ratusan ekor.

Apabila melihat dari jauh, sehingga mata Anda akan menangkapnya seperti perumahan. Namun bukan perumahan mewah, melainkan perumahan yang dihuni oleh kambing-kambing. Warga sekitar bahu membahu, berbondong-bondong dengan kompak membangun kandang kambing tersebut.

Para orang tua yang bergantian memikul rumput untuk pakan kambing tersebut menjadi pemandangan yang unik. Selain itu, ketika mengunjungi ke kampung kambing tersebut, Anda para wisatawan, traveler, backpacker, bisa ikut memberikan pakan, asik kan sob?

2. Puluhan Situs Purbakala
Desa Wisata Cibuntu, Destinasi Wisata Unik yang ada situs purbakala cagar budaya

Ketika memasuki Desa Wisata, Anda akan disambut oleh salah satu tokoh yang di seting dan bertugas untuk menyambut para wisatawan. Aktor atau tokoh tersebut dinamakan Ki Lengser. Selain itu, ketika memasuki rumah - rumah warga, Ki Lengser akan mengajak anda untuk melihat situs Purbakala yang masuk dalam cagar budaya Kabupaten Kuningan. Konon katanya situs tersebut berkaitan dengan sejarah Desa Cibuntu. Diantara beberapa situs yang paling terkenal yaitu Situs Bujal Dayeuh

Situ Bujal Dayeuh adalah salah satu situs bersejarah yang terdapat di Desa tersebut. Bujal Dayeuh berarti perutnya Dayeuh. Pada tahun 1970 juga ditemukan beberapa perkakas bersejarah seperti batu, kapak,  gelang dan situs Hulu Dayeuh.   Ditelisik pada zaman megalitikum, era penemuan tersebut sudah masuk kedalam era batu halus. Arca Purbakala secara kasat mata dapat dilihat dan ditemukan berbentuk batu kasar. Situs unik lainnya yang terdapat di Desa tersebut adalah situs yang berbentuk arca jenis perempuan atau ratu, warga menyebutnya dengan Situs Saurip yang artinya satu kehidupan atau kebersamaan.

3. Curug Air Terjun Gongseng
Desa Wisata Cibuntu, Destinasi Wisata Unik yang ada curug dan air terjunnya  purbakala cagar budaya

Setelah anda berkeliling di Desa Cibuntu, Anda juga bisa menginap di rumah warga sekitar dengan masakan-masakan atau kuliner khas desa Cibuntu. Ke esokan harinya, ketika jalan-jalan di pagi hari anda bisa mengunjungi salah satu destinasi wisata favorit yang berada di Desa Cibuntu tersebut, yaitu Air Terjun Gongseng.

Dari sini keindahan air terjun dipadukan dengan keindahan hutan hijau dari ketinggian sungguhlah membuat pengalaman yang luar biasa.   Usai merasakan kesegaran air curug Gongseng, anda akan melanjutkan perjalanan menuju hutan-hutan Desa Cibuntu yang menyimpan puluhan flora dari pohon buah-buahan hingga pohon obat-obatan. Selama perjalanan, anda akan disuguhkan berbagai situs yang diperkirakan berumur 5000-10.000 tahun lalu di era zaman megalitikum kasar.

Itulah beberapa destinasi favorit para wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu tersebut. Masih banyak sensai wisata yang berbeda akan Anda nikmati. Pemandangan sawahnya, udara sejuknya, keindahan senjanya, dan keramahan warganya akan menghiasi keseharian Anda ketika singgah.

Notes:
Share artikel diatas jika dirasa bermanfaat!
Info lengkap kunjungi website resminya Desa Wisata Cibuntu

No comments:
Write komentar

Terima kasih sudah bertanya dan memberi komentar. Mohon maaf apabila ada pertanyaan yang tidak bisa kami jawab atau kurang memuaskan!

Featured

Recent Posts Widget