Buruan Lamar, Nike Membangun Pabrik Sepatu Baru di Majalengka!

Majalengka, Fokuscirebon  - Siapa sanka, sepatu dengan merek terkenal yang biasa digunakan oleh altit-atlit olah raga kelas mancanegara seperti Nike akan memproduksi dan mendirikan pabriknya di Majalengka. Pembuatan pabrik Niki ini merupakan peluang kerja bagi penduduk di Majalengka dan sekitarnya seperti Cirebon, Kuningan dan Indramayu.

Produsen sepatu merek Nike di Balaraja, Tangerang, PT Adis Dimension Footwear saat ini sedang membangun pabrik baru di Majalengka, Jawa Barat. Pabrik senilai US$ 60 juta ini bisa memproduksi sepatu Nike sebanyak 10 juta pasang sepatu.

Chairman Adis, Harijanto mengatakan, saat ini, pabrik tersebut masih dalam tahap pengerjaan konstruksi. Meski begitu, sudah ada aktivitas kerja di pabrik yang membuat sepatu bermerek terkenal itu.

"Under construction, sekarang tapi sedang ada yang training," tuturnya

Dia mengatakan, pabrik tersebut bakal mempunyai kapasitas 10 juta pasang sepatu per tahun. Dengan begitu, seluruh total kapasitas produksi sepatu Nike buatan Adis mencapai 30 juta per tahun. Dengan dibangunnya pabrik tersebut, lanjut Harijanto, tenaga kerja juga akan banyak diserap, mengingat, sektor industri alas kaki adalah salah satu sektor industri padat karya selain tekstil dan produk tekstil.

"Investasinya sekitar US$ 50-60 juta, Targetnya sampai 10.000 orang tenaga kerja. Kalau 10 juta pasang ya 10.000. Begitu saja," jelasnya.

Namun dia belum bisa menyebutkan kapan pabrik ini akan beroperasi secara penuh dan optimal. "Itu proyek jangka panjang," katanya. Di tempat yang sama, Menteri Saleh Husin mengapresiasi langkah dari Adis untuk terus berekspansi di sektor industri alas kaki. Dia berharap, langkah yang sama juga dilakukan oleh industri-industri lain di Indonesia.

"Saya harap ini juga bisa menjadi pemicu untuk yang lain, tak hanya Adis saja," kata Saleh.

Investasi industri alas kaki tercatat cenderung naik setiap tahunnya. Pada tiga tahun terakhir (2011–2014), kenaikan rata-rata mencapai 4,74%. Pada tahun 2014, nilai investasi di sektor industri alas kaki sebesar Rp. 10,7 triliun atau naik sekitar 1,25% dibanding tahun sebelumnya, dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 643 ribu orang.

Di samping itu, nilai perdagangannya terus meningkat dengan rata-rata nilai surplus dalam lima tahun terakhir yang mencapai US$ 2,84 miliar. Pada akhir tahun 2014, surplus perdagangan produk alas kaki sebesar US$ 3,7 miliar.

Beberapa program peningkatan daya saing industri alas kaki antara lain memfasilitasi perlindungan hak kekayaan intelektual desain alas kaki dalam negeri, harmonisasi sistem perpajakan keluaran dan pajak masukan dikaitkan dengan jangka waktu restitusi dan pengembangan branding shoes nasional.

Notes: Berita tersebut diambil dari berbagai sumber.

No comments:
Write komentar

Terima kasih sudah bertanya dan memberi komentar. Mohon maaf apabila ada pertanyaan yang tidak bisa kami jawab atau kurang memuaskan!

Featured

Recent Posts Widget