Lukisan Kaca Khas Cirebon, Sebuah Maha Karya Seni yang Tercipta dari Proses Budaya!

Lukisan Kaca Khas Cirebon
Lukisan Kaca Khas Cirebon
Cirebon, fokuscirebon.com - Bagi semua orang yang pergi merantau ke Ibu Kota, atau ke kota-kota besar lainnya, kalau melewati jalur pantura, tentu tidak asing lagi di telinga dengan suatu nama yang di sebut Cirebon. Ya, suatu daerah yang di kenal dengan sebutan Kota Wali, atau Caruban Negari.

Kenapa di sebut Caruban Negari (Negeri campuran), ya karena berbagai macam adat istiadat, tradisi, budaya, hingga karya seni ada di Cirebon. Sangat disayangkan apabila hanya melintasi, atau cuman mampir dan transit di rest area pom bensinnya saja.

Berbagai kreasi hasil inovasi dari tangan-tangan kreatif akibat proses busaya yang begitu panjang, sehingga lahirlah sebuah karya seni yang menjadi khas, yaitu seni lukis, dengan medianya berupa kaca. Bagaimana mungkin bisa melukis di di kaca? Bagaimana cerita dan sejarahnya sehingga ada lukisan kaca di Cirebon?

Cirebon itu unik sob, coba kalian mampir ke sini, tinggal berlama-lama, beda gang udah beda bahasa dan logatnya, apalagi yang beda desa. Jadi disebutnya caruban (campuran), bukan oplosan tapinya sob, haha. Apa aja disini ada sob, termasuk lukisan kaca.

Mengenai lukisan kaca khas Cirebon ini dikenal sejak abad ke 16 pada masa kejayaan Kasultanan Cirebon sob. Cuman untuk siapa yang memperkanalkan pertama kali, atau siapa yang membawanya masih menjadi perdebatan para ahli sejarah dan budayawan sampai seniman.

Yang jelas, lukisan kaca ini, terbentuk oleh arus waktu dan zaman. Cerminan Cirebon sebagai Caruban Nagari, sebagai Kota Wali, ada di dalam karya seni Lukisan Kaca ini. Kenapa kaca, iya karna kaca tempat untuk bercermin dan membenahi diri.

Tidak hanya dari segi karya seninya yang memiliki nilai tinggi, namun dari segi filosofinya pun bernilai adiluhur sob. Kalian semua bisa mempelajarinya di Cirebon, sampai menjadikannya oleh-oleh atau kenangan buat si doi sob.

Sejarah seni dan budaya lah yang menghasilkan maha karya seni ini sob. So, jangan sampai kita melupakan sejarah sob. Karya-karya sejarah dan kesenian hingga kemewahan budayanya patut kita apresiasi, walaupun sebatas oleh-oleh atau hiasan dinding.

Jangan lupa, kalau lewat mampir untuk lebih mengenal Cirebon. Kalo yang asli Cirebonnya jangan lupa juga, jaga dan rawat warisan leluruh kita. Disitu terdapat sejuta makna akan adanya Cirebon sebagai tempat kita lahir dan di besarkan.

Sekian sekilas Info mengenai lukisan kaca khas Kota Udang. Jangan lupa like and share, wong Cirebon kudu weru.

No comments:
Write komentar

Terima kasih sudah bertanya dan memberi komentar. Mohon maaf apabila ada pertanyaan yang tidak bisa kami jawab atau kurang memuaskan!

Featured

Recent Posts Widget