Tips dan Cara Merawat Kamera DCLR Agar Memiliki Kualitas Gambar yang Baik!

Iptek, Cirebon, Fokuscirebon.com - Hobi photograpy atau hunting dan juga memiliki kamera DCLR? Bagi kalian yang memiliki kesukaan atau hobi di bidang potret-memotret, tentunya sering mengabadikan momen-momen disekeliling Anda. Apalagi yang suka berlibur ke tempat wisata, banyak sekali di Cirebon, Indramayu, Kuningan dan Majalengka (Ciayumajkuning) yang bisa dijadikan objek. Sebelum itu, agar hasil dan kualitas poto kamera DCLR Anda tetap optimal, perlu tips dan trik untuk merawatnya agar tetap terjaga kualitas kamera DCLR tersebut. Berilut cara merawat kamera DCLR Anda dengan baik dan benar!

Sobat sekalian yang memiliki kamera DCLR jangan cuman bisa memakainya saja, tanpa mengetahui bagaimana caranya agar kamera Anda semua tetap bagus. Untuk itu perlu perawatan yang baik untuk menjaganya Sob. Sebelum mengetahui langkah - langkah untuk merawat Kamera DCLR Anda, kalian harus mengetahui terlebih dahulu unsur - unsur yang bisa merugikan bagi kualitas kamera dan Anda bisa mencegahnya agar tetap bisa memuaskan. Ini unsur yang merugikan bagi kamera Anda:


Unsur - Unsur Merugikan bagi Kamera DCLR

- Kotoran
- Debu
- Pasir
- AIR
- Asap Rokok
- Suhu terlalu lembab atau panas

Unsur - unsur merugikan diatas yang dapat merusak kamera atau membuatnya tidak bekerja secara optimal tersebut sulit mungkin untuk dihindari. Maka dari itu, Anda semua perlu mengetahui perawatan dasar untuk menjaga kamera DCLR anda tetap baik atau bagus. Dan hasil jepretan Anda tetap maksimal.

Perawatan yang Tepat Bagi Kamera DCLR

Untuk menghindari gambar buram, menjaga komunikasi antara bodi kamera dan lensa, melestarikan fungsi operasi zoom, tombol, cepat, dan layar sentuh, dan menjaga pandangan-bisa anda bidik, mulai dengan mendapatkan kit pembersihan dasar jika Anda belum memiliki satu. Ini adalah investasi yang layak, dan tersedia dari Canon, Nikon, dan merek lainnya; mereka semua komponen yang sama dan relatif murah.

Selain itu, Anda juga perlu memiliki sebuah pelindung untuk menjaga kamera Anda.Sebuah tas kamera atau ransel akan membantu untuk melindungi peralatan Anda dan memastikan bahwa gigi Anda siap untuk pergi. Sbelum Anda memulai setiap petualangan fotografi epik, pastikan fungsi peralatan Anda dengan benar dengan mengikuti langkah-langkah ini:

Persiapan Memeriksa Peralatan Kamera DCLR

Pastikan bahwa lensa mount lancar dan tombol pelepas lensa bekerja dengan mudah.
Pastikan kontak lensa yang halus dan mengkilap.
Periksa lensa zoom dan cincin fokus, serta cepat bodi kamera dan switch, untuk memastikan bahwa mereka beroperasi dengan lancar.
Pastikan bahwa hot shoe bersih dan mengkilap, dan bahwa flash pop-up muncul dengan ketegangan normal.
Pastikan kartu media hadir dan bahwa itu menyisipkan lancar.

Tips Membersihkan Gear Kamera DCLR

Menghilangkan debu dan puing-puing dari kamera, tubuh lensa, dan kaca lensa dengan sikat berbulu lembut. Jika membersihkan lensa zoom, memperpanjang lensa dengan panjang maksimal untuk membersihkan barel batin.
Gunakan blower udara tangan untuk meniup debu dari lensa dan kamera cermin. Jangan menggunakan udara kalengan, seperti tekanan tinggi dapat merusak kamera.

Tips Membersihkan Sensor Kamera DCLR

Hapus lensa Anda dan mengatur mode sensor cleaning kamera ke "manual pembersihan". Mengatur mode ini akan bervariasi dari kamera ke kamera; cek manual pengguna Anda untuk petunjuk jika Anda tidak dapat menemukan pengaturan kamera Anda pada Anda sendiri.
Ketika modus pembersihan sensor menyala dan cermin terkunci, dengan lembut meniup udara ke sensor menggunakan tangan blower udara untuk menghilangkan partikel. PERNAH menyentuh sensor dengan jari atau apa pun, karena sangat halus.
Matikan kamera untuk kembali cermin ke posisi normal.

Tips Membersihkan Lensa Kamera DCLR

Gunakan kain microfiber pembersih untuk membersihkan kaca lensa. Mulai di tengah kaca lensa dan bergerak ke luar dari pusat dalam gerakan melingkar.
Gunakan bermutu tinggi isopropil alkohol (91%) untuk membersihkan bintik-bintik dan noda dari kaca lensa Anda. Terapkan alkohol untuk jaringan pembersih lensa melilit jari Anda, dan bersihkan kaca lensa dari pusat, lagi bergerak ke luar dalam gerakan melingkar.
Lensa dan kontak hotshoe serta viewfinder juga dapat dibersihkan dengan alkohol isopropil. Sekali lagi, pastikan untuk menggunakan isopropil bermutu tinggi, karena mengandung air kurang dan akan menguap dengan cepat.

Tips Merawat  Baterai Kamera DCLR

Perlu diketahui juga agar kualitas baterai kamera Anda tetap terjaga, dan tentunya menjadi tahan lama perlu memperhatikan pula hal - hal yang bisa merusaknya. Agar baterai tetap awet dan tahan lama yaitu Anda harus melepas baterai kamera DCLR Anda setiap tidak lagi digunakan atau dalam keadaan disimpan dalam tas atau ransel. Kemudian matikan tombol power apabila tidak lagi memotret objek.

Tips Perawatan Kamera Lainnya

Ketika mengganti lensa, selalu menunjuk tubuh kamera Anda ke bawah untuk mencegah debu dan puing-puing dari menetap ke pembukaan.
Gunakan lensa dan kamera tubuh akhir topi ketika lensa tidak melekat pada bodi kamera.
Ketika bergerak dari satu suhu ekstrem ke yang lain, menjaga kamera dan lensa dalam kantong plastik tertutup untuk mencegah kondensasi. Luangkan waktu untuk peralatan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan suhu sebelum mengeluarkan dari kantong plastik.
Pastikan bahwa tali kamera Anda terpasang dengan benar; lihat artikel kami sebelumnya untuk petunjuk rinci.

Notes:
Sebarkan jika dirasa informasi diatas bermanfaat
Berikan komentar mengenai tips perawatan kamera lainnya
Info lebih lanjut kunjungi www.picturecorrect.com
Tonton video dibawah ini atau kunjungi . klik DISINI



No comments:
Write komentar

Terima kasih sudah bertanya dan memberi komentar. Mohon maaf apabila ada pertanyaan yang tidak bisa kami jawab atau kurang memuaskan!

Featured

Recent Posts Widget